Jumat, 19 Oktober 2012

Makalah Makanan


A.    Pengertian Makanan
Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan dan mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh. Makanan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan karena dari makanan manusia mendapatkan sumber tenaga atau kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
Makanan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan karena dari makanan manusia mendapatkan sumber tenaga atau kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan yang memenuhi syarat kesehatan disebut makanan sehat. Makanan sehat memiliki syarat higienis, bergizi, dan berkecukupan. Higienis maksudnya makanan tidak mengandung kuman penyakit dan zat yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bergizi maksudnya makanan mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin dalam jumlah seimbang sesuai kebutuhan . Sedangkan makanan yang berkecukupan adalah makann yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada kondisi dan usia tertentu. Makanan sehat sangat diperlukan oleh tubuh karena gizi yang dikandungnya mempunyai  fungsi utama, yaitu:
1.      Sebagai penghasil atau sumber energi, yaitu zat makanan dapat menghasilkan energi untuk berbagai aktivitas tubuh, di antaranya untuk mempertahankan proses yang dilakukan organ-organ dalam melaksanakan aktivitas luar, mengubah makanan  menjadi zat makanan ang diperlukan tubuh, proses pertumbhan dan menjaga tubuh agar tetap hangat.

Energi diperoleh dari bahan makanan penyedia zat gizi karbohidrat, lemak, dan protein. namun, sumber energi utama adalah zat gizi karbohidrat. Zat gizi lemak baru akan berfungsi apabila karbohidrat tidak terdapat atau kurang kuantitasnya didalam bahan mkanan yang dikonsumsi.
2.      Sebagai pembangun tubuh, 
     yaitu zat makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan penggantian sel-sel tubuh yang rusak. Yang termasuk zat pembangun tubuh adalah protein, mineral dan air.
3.      Sebagai zat pelindung, 
    yaitu zat makanan yang berperan menjaga keseimbangan proses-proses biologis atau metabolisme dalam tubuh.
4.      Menjaga tubuh dari kondisi stress, meningkatkan intelegensi, memelihara fungsi reproduksi.
5.      Sebagai zat pengatur, makanan juga berfungsi sebagai pengatur aktivitas tubuh misalnya, aktivitas (kerja) jantung, sistem pengaturan suh tubuh, kontraksi otot, sistem pengaturan keseimbangan air, pembekuan darah dan sistem pembanguna, metabolisme. Yang termasuk zat pengatur yaitu mineral dan vitamin.
Kita harus mempertimbangkan makanan, makanan yang kita konsumsi, sebaiknya merupakan makanan yang:
a.       Tinggi serat
b.      Rendah lemak
c.       Mengandung gizi seimbang

a.      Makanan Tinggi Serat
Makanan tinggi serat adalah makanan yang mengandung serat dan berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, padi-padian, kacang-kacangan, dan lain-lain.
Mengapa Kita Membutuhkan Serat?
Serat dalam makanan ditemukan dalam gandum-ganduman, padi-padian, dan jagung yang mudah mengenyangkan, sehingga kita merasa telah banyak makan padahal kita makan lebih sedikit dari makanan tersebut. Selain itu, serat juga ditemukan dalam buah dan sayuran yang membuat tubuh teratur buang air besar dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena memperlambat penyerapan lemak dan kolesterol dari makanan lain. Serat terdiri dari dua jenis, keduanya penting bagi kesehatan tubuh yaitu:
  • Serat larut banyak terkandung di dalam kacang-kacangan, buah-buahan, dan padi-padian, seperti gandum dan beras. Serat inilah yang disebut jenis penolong jantung karena ditemukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Disebut serat larut karena larut dalam air dan membentuk gel. Secara teori, karena lemak ini larut, ia membentuk bahan seperti gel yang mengikat kolesterol dan lemak dan menghalanginya terserap oleh usus, sehingga jika bahan tersebut tidak diserap, maka akan dikeluarkan bersama kotoran.
  • Sebaliknya, serat tidak larut, yang ditemukan dalam sayuran, sereal, dan gandum-ganduman, tidak membentuk gel. Manfaat utamanya adalah membuat kita teratur membuang air besar. Walaupun kurang efektif dalam menghidari penyerapan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah, serat ini berguna untuk meningkatkan massa dan mempercepat perjalanan bahan-bahan di dalam usus.
Jika kita ingin mengatur pola makan yang baik ataupun ingin mulai berdiet maka kita harus menerapkan pola makan tinggi serat dengan mengkonsumsi padi-padian, gandum, dan harus menjadi landasan diet, dengan sajian antara 6 sampai 11 porsi setiap hari:
  • Satu porsi sajian adalah satu iris roti (jika setangkap roti dihitung dua sajian), setengah cangkir nasi atau pasta. Untuk mendapatkan serat yang lebih banyak dan nutrisi yang lebih baik, pilihlah gandum atau beras lengkap (artinya yang tidak dibuang kulit arinya), beras meras jauh lebih baik ketimbang yang putih, roti gandum lengkap daripada roti gandum putih. Bulgur (kacang merah) dan sereal juga pilhan yang baik.
  • Sayuran harus berjumlah tiga sampai lima porsi/sajian setiap hari, dengan ukuran satu porsi sama dengan satu mangkuk segar atau setengah mangkuk sayuran matang. Sebaiknya sayuran dimakan segar atau dikukus, karena jika direbus cenderung melarutkan vitamin dan mineral. Semakin berwarna (hijau, kuning, dan oranye) semakin banyak zat gizi yang terkandung seperti wortel, selada hijau, kacang panjang.
  • Buah-buahan harus dimakan empat hari sekali. Setiap kali makan setengah mangkuk buah yang diiris, satu gelas jus atau satu buah apel ukuran sedang. Makanlah berbagai macam buah karena akan memperkaya variasi zat gizi yang terkandung di dalam buah, seperti apel, jeruk, jambu, pir, pepaya, dan mangga.
Dua Belas Manfaat Makanan Berserat
  1. Membantu mengatasi Diabetes
  2. Mencegah sembelit
  3. Membantu menurunkan berat badan
  4. Membantu proses detoksifikasi
  5. Membuat awet muda
  6. Membantu mencegah kanker usus besar
  7. Membantu mencegah kanker payudara
  8. Membantu menurunkan kolesterol
  9. Memperindah kulit, rambut, dan kuku
  10. Membantu mengatasi anemia
  11. Mencegah usus buntu
  12. Membantu perkembangan bakteri baik dalam usus.
b.      Makanan Rendah Lemak
Adalah makanan yang rendah lemak dan juga rendah kalori tetapi masih tetap mengandung bahan utama untuk kesehatan tubuh seperti protein, kalsium, dan lain-lain. Kita dianjurkan memakan lemak sesedikit mungkin. Sebagai contoh jika kita mengkonsumsi sekitar 2500 kalori setiap hari, maka asupan lemak yang diperbolehkan hanya 69 gram atau kurang.
Sebenarnya ada berbagai jenis makanan rendah lemak yang dapat kita konsumsi yaitu dengan mengubah cara memasak bahan makanan dari yang digoreng menjadi dibakar atau dikukus saja (ikan bakar/ikan kukus, daging panggang/sate atau sop tanpa tambahan minyak goreng).
c.       Makanan Bergizi Seimbang
Adalah makanan beraneka ragam yang dikonsumsi dalam satu hari yang mengandung zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur sesuai dengan kebutuhan tubuh. Zat tenaga berasal dari karbohidrat dan lemak. Sumber karbohidrat: beras, sagu, jagung, ubi, singkong, roti, sukun, gula murni, dan padanannya. Zat pembangun dari protein. Sumber protein hewani: daging, ikan, ayam, hati, telur, susu, dan hasil olahannya. Sumber protein nabati: tempe, tahu, kacang-kacangan dan padanannya. Zat pengatur dari vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral banyak pada sayuran dan buah-buahan.
Apa Akibat Tidak Mendapat Gizi Seimbang?
Selain gizi kurang dan gizi buruk, maka gizi lebih merupakan suatu hal yang sering terjadi pada orang yang berisiko yaitu pada orang yang tidak hidup sehat. Gizi lebih adalah konsumsi makanan melebihi dari yang dibutuhkan. Terutama lemak dan makanan dari gula murni. Gizi lebih dapat berakibat pada kegemukan (obesitas). Untuk itu, bagi yang mempunyai faktor berisiko, segera kurangi jenis makanan yang:
  • Mengandung banyak lemak jenuh dan garam seperti keripik singkong, keripik kentang, pop corn, dan lain-lain
  • Berbahan dasar minyak dan lemak seperti mentega, minyak goreng, dan lain-lain
  • Berbahan dasar gula seperti sirup, slei, dan lain-lain
  • Minuman yang kurang sehat seperti kopi, teh, alkohol, dan soft drink
B.     Bahan dan Zat Makanan
            Bahan makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimasak dan diolah untuk dihidangkan. Bahan makanan digolongkan kedalam empat kelompok, yaitu (Ichsan Yuliati, Rejeki, 1993) :
1.      Bahan makanan pokok adalah bahan makanan utama yangdikonsumsi oleh orang tertentu. Contoh nya, beras, jagung, sagu, gandum, kentang, ubi, singkong, dan talas.
2.      Bahan makanan lauk pauk adalah bahan makanan penyerta dari makanan utama. Contohnya ikan, ayam, daging, telur, tempe, dan tahu.
3.      Bahan makanan sayuran adalah bahan makanan penyerta makanan utama. Bahan makanan sayuran dibedakan menjadi beberapa kelompok :
a.       Sayuran daun adalah tumbuhan dengan bagian utama daunnya. Contoh :kangkung, bayam, daun singkong. Daun pepaya, dan sawi.
b.      Sayuran buah adalah tumbuhan dengan bagian utama buahnya. Contoh : tmat, waluh, mentimun, terong dan nangka.
c.       Sayuran akar atau umbi adalah adalah tumbuhan dengan bagian utama akar atau umbinya. Contohnya : wortel, lobak, dan bit.
d.      Sayuran kacang-kacangan adalah  tumbuhan dengan bagian utama buah yang berupa kacang-kacangan. Cntohnya : kacang panjang, buncis, kapri, dan kacang merah.
e.       Saran tunas adalah tumbuhan dengan bagian utama tunasnya. Contoh : taoge, dan rebung.
4.      Buah- buahan adalah bahan makanan yang berasal dari buah tumbuhan atu tanaman sebagai makanan penutup setelah makanan pokok, lauk pauk, dan sayuran.contoh : pepaya, mangga, pisang, jambu, manggis dan jeruk.

Zat makanan atau zat gizi adalah komponen-komponen yang terkandung pada bahan makanan. Zat makanan ang dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.
·         Macam Zat Makanan Dan Fungsinya Bagi Tubuh          
1.      Karbohidrat
Fungsi utama karbohidrat adalah sebagi sumber energi, karbohidrat juga merupakan sumber energi yang paling murah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi jaringan saraf dan paru-paru. Selain berasal dari pangan yang dikonsumsi, tubuh dapat memproduksi glukosa dari bagian molekul protein atau lemak melalui proses yang dikenal sebagai glukoneogenesis atau pembentukan glukosa baru. Karena itu jaringan-jaringan tersebut dapat memperoleh sumber energi tanpa adanya karbohidrat untuk waktu yang pendek. Karbohidrat merupakan zat gizi energi paling penting karena molekulnya menyediakan unsure karbon yang siap untuk digunakan.
Karbohidrat dapat diperoleh dari jagung, gandum, biji-bijian, sagu, ketela pohon, ketela rambat, kentang. Fungsi karbohidrat:
1)      Sebagai sumber energi  utama
2)      Sebagai bahan pembentuk senyawa lain
3)      Sebagai komponen penyusun gen yang amat penting dalam pewarisan sifat
4)      Sebagai senyawa yang membantu proses berlangsungnya air besar
2.      Lemak
Lemak merupakan sumber energi yang dapat meyediakan energi sekitar 2, 25 kali lebih banyak daripada yang diberikan oleh karbohidrat dan protein. Lemak dalam bahan pangan yang dikonsumsi akan memberikan rasa kenyang karena lemak akan meninggalkan lambung secara lambat, yaitu sampai 3,5 jam setelah dikonsumsi tergantung dari ukuran dan komposisi pangan. Lemak dalam pangan juga berfungsi untuk meningkatkan palatibilitas ( rasa lezat), selain itu lemak juga berperan sebagai regulator tubuh karena pengambilan dan ekskresi nutrien oleh sel dapat diatur oleh lemak. Demikian juga beberapa bagian tubuh yang esensial dikontrol oleh lemak. Lemak yang terdapat di dalam tubuh manusia  digunakan sebagai cadangan energi yang tersebar diseluruh jaringan.
Berdasarkan asalnya bahan makanan yang mengandung lemak dapat dibedakan menjadi dua yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati berasal dari tumbuhan (kelapa, kemiri,zaitun, kacang-kacangan, avokado). Lemak hewani berasal dari hewan (keju, daging, mentega, susu, ikan, minyak ikan dan telur). Fungsi lemak anatara lain :
1)      Sebagai pelindung tubuh dari suhu rendah
2)      Sebagai pelarut vitamin A, D ,E, dan K
3)      Sebagai pelindung alat-alat tubuh yang vital
4)      Sebagai penghasil energi tertinggi
5)      Sebagai salah sat penyusun bahan membran sel
6)      Sebagai salah satu bahan penyusun hormone
7)      Sebagai salah satu penyusun garam empedu, asam kholat ( di dalam hati) dan hormon sex
3.      Protein
Protein merupakan zat gizi yang paling penting dalam tubuh karena protein berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh dan zat pengatur di dalam tubuh, selain itu protein juga berfungsi membentuk jaringan baru ( misalnya membentuk janin atau jaringan baru pada proses pertumbuhan anak ) serta memelihara jaringan yang telah ada. Komponen dasar dari senyawa protein adalah asam amino. Asam amino dibagi menjadi tiga golongan yaitu: asam amino esensial, asam amino semi esensial, dan asam   non esensial. Sumber protein: protein hewani ( protein yang berasal dari hewan ). Dan Protein nabati (protein yang berasal dari tumbuhan, misalnya biji kacang-kacangan, gandum, kelapa, dan daun melinjo). Fungsi utama protein bagi tubuh adalah sebagai berikut:
a)      Berguna bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan
b)      Pembentukan senyawa tubuh yang esensial
c)      Regulasi keseimbangan air
d)     Mempertahankan netralitas tubuh
e)      Pembentukan anti bodi
f)       Transport zat gizi
4.      Vitamin
Vitamin adalah zat organik sebagai pelengkap makanan yang diperlukan tubuh untuk memperlancar metabolisme tubuh, dan tidak berfungsi menghasikan energi. Tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan yang  hanya sedikit itu diabaikan akan mengakibatkan terganggunya metabolisme di dalam tubuh  karena fungsinya tidak bisa digantikan oleh senyawa lain. Kondisi kekurangan vitamin disebut alvitaminosis. Berdasarkan kelarutannya, vitamin dibagi menjadi dua kelompok yaitu vitamin yang larut dalam air ( vitamin B dan C ) dan yang larut dalam lemak ( A, D, E, K) . Vitamin yang larut dalam air tidak bisa disimpan dalam tubuh sedangkan vitamin yang larut dalam lemak dapat disimpan dalam tubuh.
a)      Vitamin A
Vitamin A dikenal pula dengan nama lain yaitu akseroftol, asam retinoat, retinal, retinol, dan dehidroretinul. Vitamin A berfungsi untuk memelihara jaringan epitel. Sumber vitamin A yang berasal dari hewani misalnya: hati sapi, kuning telur, mentega, (yang dibuat dari krim susu sapi). Sedangkan sumber vitamin yang bersumber dari nabati yaitu sayuran dan buah- buahan yang berwarna orange, kuning, atau hijau. Gejala yang timbul dikarenakan kekurangan vitamin A antara lain: rabun senja, perubahan pada mata ( kornea mata ), infeksi pada saluran pernafasan, perubahan pada kulit. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala, muntah, kulit mengelupas.
b)      Vitamin D
Vitamin D dikenal pula dengan nama lain antirachitic. Peranan vitamin D adalah untuk menjamin pertumbuhan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat menyebabkan penyakit rahitis, yang disebabkan karena pertumbuhan tulang yang abnormal. Bila terjadi pada orang dewasa penyakitnya disebut osteomalacia yang disebabkan kurang terkena sinar matahari, serta folio.  Bahan pangan sumber vitamin D yang utama adalah telur, susu sapi, mentega dan minyak ikan. Kelebihan konsumsi vitamin D dapat menimbulkan keracunan.
c)      Vitamin E
Nama lain vitamin E adalah tokoferol. Fungsi vitamin E yang utama adalah sebagai anti oksidan di dalam tubuh, mencegah pendarahan yang banyak pada ibu hamil, mencegah keguguran, dan vitamin E dapat bertindak sebagai penangkap radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh atau yang terbentuk di dalam tubuh dari  proses metabolisme normal. Karena dapat bertindak sebagai anti oksidan vitamin E dapat mencegah proses penuaan yang ditandai dengan  munculnya bintik- bintik coklat pada kulit . Sumber utama vitamin E adalah minyak nabati, sayur- sayuran dan buah-buahan. Gejala kekurangan vitamin E pada manusia jarang terjadi( hanya terdapat pada bayi premature ) dan orang yang mengalami gangguan dalam proses pencernaan dan penyerapan lemak. Kelebihan mengkonsumsi vitamin E dapat menyebabkan keracunan, gangguan pada alat pencernaan ( muntah- muntah dan diare), keguguran, kemandulan.
d)     Vitamin K
Vitamin K berguna dalam proses pembekuan darah. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran hijau, sedangkan dalam buah- buahan, umbi- umbian, susu dan daging, kadarnya lebih rendah. Akibat kekurangan dari vitamin K dapat menyebabkan pembekuan darah berlangsung lama, dan menyebabkan penyakit kuning.
e)      Vitamin B ( kompleks)
Yang tergolong vitamin B kompleks adalah vitamin B1 ( Tiamin ), vitamin B2 ( ribovlafin), vitamin B3 ( niasin ), vitamin B6 ( piridoksin ), vitamin B5 ( asam pantotenat), vitamin B 12 ( sianokobalamin), vitamin B11 (asam folat). Vitamin B1 diperlukan untuk menunjang berfungsinya sistem syaraf, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menjaga nafsu makan. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan timbulnya penyakit beri- beri dengan gejala sebagai berikut: sistem syaraf terpengaruh, jantung membesar, lemah otot, nafsu makan menurun, kelumpuhan. Bahan pangan sumber vitamin B1 adalah daging, ikan, unggas, susu, dan sayuran.
Vitamin B2 berfungsi menjaga jaringan sekitar mulut, menunjang proses transmisi rangsang cahaya ke saraf mata, vitamin B1 banyak terdapat pada susu, telur, serealia, daging, ikan dan unggas. Vitamin B3 diperlukan dalam metabolisme tubuh, pelepasan energi dari karbohidrat, lemak atau protein, serta dalam sintesis protein dan lemak, serta membantu pembelahan dan pertumbuhan sel. Vitamin B3 banyak terdapat pada hati, ikan tuna, telur, dan susu. 
Fungsi utama vitamin B6 adalah berguna dalam metabolisme  protein, menunjang pertumbuhan dan pembentukan sel-sel darah merah serta sel kulit. Bahan makanan sumber vitamin B6 adalah hati, kuning telur, pisang, alpokat dan kentang. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan pertumbuhan anak terhambat. Vitamin B5, memiliki fungsi menunjang dalam proses oksidasi sel. Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan rendahnya daya tahan tubuh terhadap infeksi, penyakit kulit, insomia. Sumber vitamin B5 adalah ragi, hati, gandum, jagung dan ikan.
Vitamin B12 terdapat pada daging, hati, tempe, kedelai. Vitamin B12 berfungsi untuk memelihara kesehatan jaringan syaraf dan untu pembentukan sel- sel darah merah. Sumber vitamin B12 adalah telur, susu, hati, ikan, udang, kerang, dan daging. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia. Sedangkan vitamin B11 (asam folat) berguna untuk pembentukan sel darah merah dan asam nukleat (RNA dan DNA). Vitamin B11 banyak terdapat pada kecambah, polong-polongan, daging sapi, pisang. Kekurangan vitamin B11 dapat menyebabkan pertumbuhan pada remaja terhambat.
f)       Vitamin C ( Asam askorbat )
Vitamin C berfungsi dalam menjaga pelekatan akar gigi pada gusi, menjaga elastisitas kapiler darah. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan dan bibir pecah- pecah, degenerasi kulit, kerusakan sendi. Kelebihan vitamin C dapat mempercepat pembentukan batu ginjal. Vitamin C banyak terdapat pada buah misalnya: jeruk, lemon, pepaya, jambu merah, tomat.
5.      Garam dan Mineral
Garam mineral memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh garam mineral dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu makroelemen dan mikroelemen. Makroelemen adalah unsur-unsur yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang banyak, misalnya natrium, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, klorin, belerang, fluorin, dan iodium. Mikroelemen adalah unsur-unsur yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit misalnya mangan, kromium, kobalt, zink.
6.      Air
Air tergolong sebagai at makanan karena air selalu diperlukan sebagai bahan pelarut dalam metabolism tubuh. Air tidak menghasilkan energi. Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 60-65% berat tubuh. Di dalam jaringan tubuh, air digunakan untuk:
                       a.      Melarutkan senyawa-senyawa lainnya.
                        b.      Mengangkut zat dari sel ke sel atau dari jaringan ke jaringan lainnya.
                         c.      Menjaga stabilitas suhu tubuh.
Air yang diperlukan tubuh diperoleh langsung dari air minum dan secara tidak langsung diperoleh dari bahan makanan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Jumlah air yang dibutuhkan tubuh tergantung pada berat badan dan aktivitas tubuh tiap individu. Pengaturan air di dalam tubuh dilakukan oleh beberapa kelenjar hormon seperti kelenjar tiroid, anak ginjal, dan ekskresi, seperti kulit, dan kelenjar keringat. Kelenjar hormon mengatur keseimbangan cairan tubuh, penyerapan air di dalam jonjot usus halus, serta pengeluarannya melalui ginjal dan kelenjar keringat. Keseimbangan air di dalam tubuh orang dewasa dapat dipenuhi dengan cara minim minimal 8 gelas sehari.

C.    Kebutuhan Energi dan Menu Makanan Seimbang
      Kebutuhan energi setiap orang dalam sehari berbeda – beda, tergantung pada berat badan, jenis kelamin, dan umur. Agar kebutuhan energi yang kita butuhkan terpenuhi, kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan berkecukupan. Untuk itu selain mengetahui kandungan bahan makanan, kita juga perlu mengetahui cara menghitung kalori dan menyusun menu seimbang.
1.      Menghitung Kalori
Perhitungan kecukupan makanan bagi seseorang dalam sehari secara sederhana dilakukan bedasarkan berat badan, jenis kelamin dan umur.
Perhitungan kalori dari bahan makanan yang dikonsumsi didasarkan pada nilai kalori hasil proses pencernaan karbohidrat (4,1 kal/gr), lemak (9,3 kal/gr), dan protein (4,1 kal/gr). Selain itu, nilai kalori jiga berdasarkan pada berat bahan makanan dengan kandungan zat gizinya dan bahan makanan yang dapat dimakan (B.d.d).


Macam Bahan Makanan
Karbohidrat (gr)
Lemak (gr)
Protein (gr)
B.d.d (%)
·         750 gr nasi putih
40,6
0,1
2,1
100
·         200 gr tempe kedelai murni
12,7
4,0
18,3
100
·         200 gr tahu
1,6
4,6
7,8
100
·         50 gr pete segar
22,0
2,0
10,4
36
Contoh penghitungan kalori bahan makanan
·         750 nasi putih
Karbohidrat     = 750/100 × 40,6 × 4,1 ×100%  × 1 kalori = 1.248,5 Kal.
Lemak             = 750/100 ×   0,1 × 9,3 ×100%  × 1 kalori =      6,98 Kal.
Protein             = 750/100 ×   2,1 × 4,1 ×100%  × 1 kalori =    64,58 Kal.
2.      Menyusun Menu
Kita harus memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan jenis makanan yang dikonsumsi meliputi kecukupan gizi, susunan bahan makanan, komposisi atau kandungan zat gizi setiap bahan makanan, dan faktor sosial ekonomi keluarga.
Kecukupan gizi seseorang tergantung dari umur, berat badan, jenis kelamin, jan jenis pekerjaan. Langkah yang ditempuh dalam menyusun menu hidangan keluarga adalah sebagai berikut :
a.       Menghitung kecukupan energi dan protein keluarga.
b.      Memperhatikan macam bahan makanan yang digunakan, sesuai dengan empat sehat lima sempurna.
c.       Makanan dibagi untuk makan pagi, siang dan malam.
d.      Makanan untuk bayi dimasak khusus sesuai kebutuhan.
e.       Mengontrol kebutuhan lemak, yaitu 10 – 20 % dari energi total.

·         Dalam menyusun menu hidangan perlu diperhatikan
a.       Menghitung kecukupan energi.
b.      Susunan bahan makanan serta energi, protein, dan lemak yang dikandungnya untuk memenuhi kecukupan gizi.
c.       Mengontrol energi, kandungan protein, dan lemak.

D.    Penyakit-penyakit yang Berhubungan dengan Makanan

Ada berbagai pnyakit yang mempunyai hubungan atau berkaitan dengan makanan (diet) yang kita onsumsi berikut ini:
a.       Penyakit Keracunan yang Ditimbulkan oleh Mikroorganisme yang Mencemari Makanan
Jenis mikroorganisme yyang dapat mencemari makanaan diantaranya adalah bakteri salmonella, stapylococus, clostridium perfringens, clostridium botulinum, bacillus cereus, bacillus tuberkulosis, dan pseudomonas cocovenans.
Bahan makanan yang sering dicemari salmonella adalah daging, susu, hasil olahan susu, dan telur. Bakteri ini berada dalam saluran pencernaan.
Bahan makanan yang dapat dicemari oleh stapilococus dalah hati, lida, susu, dan makanan hasil olahan. Bakteri ini umumnya menyerang saluran pernapasan.
Clostridium perfingens dapat mencemari daging, sedangkan clostridium butulinum akan mencemari daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan. Clostridium butulinum akan berbahaya apabila terdapat dalam bahan makanan yang dikalengkan.
Bacillus cereus mencemari bahan makaan ang berupa biji-bijian (cereal). Bacillus tuberculosis bovinum mencemari bahan makanan berupa susu sapi.
Tempe yang dibuat dari bungkil kedelai dan ampas kelapa sering dicemari oleh pseudomonas coccovenans jik dalam pembuatannya kurang bersih. Rcun yang akan dihasilkan bakteri ini adalah asam bongkrek. Gejala yang ditimbulkan adalah muntah-muntah.
b.      Penyakit Karena Cacing
Makanan yang kita konsumsi dapat pula mengandung telur cacing. Jenis cacing yang biasa menginfeksi makanan diantaranya adalah cacing pita, cacing gelang, atau cacing kerawit.
c.       Penyakit yang Ditimbulkan oleh Zat-zat dalam Makanan
Zat yang ada dalam makanan adalah zat yang secara alami dikandung oleh makanan tersebut atau zat yang ditambahkan kedalamnya atau terbentuk melalui pemrosesan. Zat goitrogen yang terdapat dalam kubis dan lobak dalam menghmbat penyebran yodium sehingga menyebabkan penyakkit gondok. Polong-polongan dan cerealia mengandung zat yang menghambat pencernaan dan penyerapan zat tertentu. Zat oalanin yang dikandung kentang bersifat racun.
Untuk menambah daya tarik makanan bagi konsumen, selain variasincara pengolaha,makanan olahan ditambah dengan zat penyedap. Zat-zat ini disebut zat aditif atau zat tambahan. Zat pewarna dan penyedap ada yang alami ada juga yang buatan. Zat pewarna dan penyedap alami umumnya tidak berdampak pada kesehatan, sedangkan penyedap buatan ada yang berdampak terhadap kesehatan.

Pewarna sintetik yang pemakainnya dilarang untuk makanan contohnya adalah rhodamin-B, poceau-3R, dan poceau SX ntuk pewarna merah, auramin dan metanil yellow untuk pewarna kuning. Zat pewarna tersebut umumnya digunakan untuk pewarna kertas dan tekstil, bukan untuk makanan. Produsen makanan olahan ada yang memakai zat tersebut karena harganya lebih murah daripada pewarna makanan dan warnanya lebih awet walaupun telah mengalami pemanasan.
Pewarna buatan ada yang bersifat karsiogenik, artinya dapat menimbulkan kanker. Zat pewarna yang terkandung dalam makanan akan dikeluarkan melalui ginjal sehingga terlalu banyak pewarna juga dapat menimbulkan gangguan ginjal. Olehkarena itu, masyarakat dianjurkan untuk menggunakan zat pewarna yang direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan, yang merupakan pewarna yang relative aman, misalnya yang sering dipakai adalah tetrazin, kamoizin, biru berlian, fast green FCF, eritrosin, dll. Walapun demikian, pemaikaiannya harus diperhatikan, sesuai dengan aturan pemakaian. Sedangkan pewarna yang paling aman adalah pewarna alami, yaitu pewarna yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ataupun rempah-rempah, misalnya kunyit (kuning), daun suji (hijau), dll.
Bahan penyedap merupakan salah satu bahan tambahan pangan yang dapat memberikan, menambah, mempertegas cita rasa makanan. Bahan penyedap dibedakan menjadi penyedap alami dan buatan. Bahan penyedap alami yang sering digunakan adalah biji pala, cengkeh, daun salam, sereh, kayu manis, lada dan lengkuas. Sedangkan penyedap buatan yang umum dipakai adalah MSG (monosodium glutamate) atau vetsin.
Bahan pengawet adalah bahan yang ditambahkan pada makanan untuk mencegah terjadiya kerusakan atau pembusukan makanan. Tujuan penambahan bahan pengawet kedalam makanan yaitu untuk menghambat pertumbuhan mikroba sehingga makanan bertahan lebih lama. Bahan pengawet alami yang biasa digunakan adalah garam, gula, dll. Sedangkan contoh pengawet buatan yaitu asam benzoate, natrium benzoate, dll. Pengawet yang dilarang digunakan adalah formalin dan boraks.
Bahan pemanis ditambahkan dalam makanan dengan tujuan mempertanjam rasa manis. Zat pemanis alami dapat diperoleh dari gula pasir, gula merah dan madu. Sedangkan zat pemanis buatan dapat diperoleh dari sakarin, siklamat, aspartame, dan sorbitol.
Dampak negative zat aditif apabila digunakan secara terus menerus, dapat berdampak buruk pada kesehatan. Dampak  ditimbulkan yakni alergi,kanker hati, kerusakan otak, gangguan syaraf, kanker kandung kemih, menyebabkan kelainan kromosom, mempercepat penuaan.
d.      Penyakit yang Timbulnya Berkaitan dengan Diet
Timbulnya penyakit berikut memang tidak hanya ditimbukan oleh faktor diet namun ada faktor lain yang turut berperan :
e.       Penyakit kardiovaskular
Sejumlah faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit kardiovaskular adalah tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, dan kenaikan kolesterol darah. Terdapat hubungan nyata antaara diet dan kolesterol darah. Diet yang mengandung lemak hewani tinggi akan mengakibatkan kenaikan kadar lemak pada serum darah. Faktor diet lainnya yang pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit kardiovaskular adalah kandungan serat kasar rendah gula tinggi, protein tinggi, garam tinggi, mineral dalam air minum rendah, dan perbandingan antara lemak jenuh dan lemak tak jenh ganda tinngi. Penyakit tekanan darah tinggi berkaitan dengan diet yang memiliki kadar garam tinggi.
f.       Penyakit kanker
Penyakit kanker tidak hanya disebabkan oleh faktor diet. Faktor-faktor lain yang turut berperan adalah faktor keturunan. Diet merupakan faktor yang menguatkan timbulnya penyakit tersebut. Jenis diet yang menyebbkan kanker tidak mengacu pada satu jenis makanan tertentu, akan tetapi lebih mengacu kepada keseimbangan seluruh kandungan zt makanan dalam diet. Penyakit kanker yang berkaitan dengan diet adalah kanker lambung, kolon, payudara, dan indung telur. Kanker lambung memiliki hubungan dengan diet yang mengandung nitrat yang didalam lambung yang akan berubah menjadi nitrosamin yang bersifat karsinogen. Diet yang kaya sayuran dan buah-buahan yang memperkecil resiko timbulnya kanker lambung. Kanker usus besar (kolon) memiliki hubungan dengan diet yang mengandung serat rendah dan lemak tinggi. Hubungannya merupakan suatu hubungan yang kompleks. Jadi, bukan lemaknya yang langsung menjadi penyebab terjadinya kanker tetapi kandungan lemak yang tinggi akan menyebabkan terbentuknya zat tertentu yang suatu waktu tersebut akan berubah menjadi zat yang bersifat karsinogenik. Kanker payudara dan indung telur juga berhubungan dengan diet yang berkadar lemak tinggi. Seperti juga hubungannya dengan kanker kolon, lemak tersebut tidak secara demikian saja berpengaruh langsung sebagai karsinogen. Pengaruhnya terjadi dengan melalui pengubahan keseimbangan hormonal (terutama terhadap peningkatan hormon ekstrogen).  

46 komentar:

  1. Solusi Penyakit Hernia: Selain pengobatan secara medis atau operasi bisa dengan Obat Hernia yang alami, karena jika alami sifatnya obat hernia ini sangat aman untuk dikonsumsi, dan juga bisa di gunakan sebagai obat hernia untuk anak bayi, dewasa maupun oran tua. Banyak para orang tua yang mencari informasi bagaima cara mengobati penyakit hernia pada anak bayi tanpa operasi ya karena bayi mungkin tidak seperti orang dewasa karena tingkat kekhawatirannya sangat tinggi. Banyak cara yang bisa dijadikan solusi untuk obat hernia pada bayi, anak, dewasa, dan orang tua tanpa harus operasi salah satunya dengan obat hernia yang alami.

    jika letak hernia berada dilipatan paha atau penyakit hernia inguinali selain dengan obat penyakit hernia alami bisa dibantu juga dengan pemakain celana hernia. Agar pengobatan hernia ini berjalan dengan yang diharapkan carilah informasi dan penjelasan mengenai hernia contohnya seperti penyebab penyakit hernia, gejala penyakit hernia apa saja bahaya hernia baik lewat buku, internet maupun dokter spesialis. Jika kita sudah paham mengenai penyakit hernia ini mudah-mudahan anda bisa tahu bagaimana cara mengatasi penyakit hernia pada bayi, anak, dewasa maupun orang tua. walaupun didunia medis belum ada obat untuk penyakit hernia selain operasi tetapi dengan pengobatan hernia secara alami atau herbal sudah banyak testimoni hernia dengan produk herbal AgaricPro

    BalasHapus
  2. ramuan tradisional untuk obat asam urat adalah obat yang banyak dicari oleh wanita, dan pria yang berumur di atas 30 tahun, karena banyak yang terkena penyakit asam urat. bahkan sekarang di bawah umur 30 tahun sudah terkena asam urat akut. jika penyakit sudah parah akan mengakibatkan persendian tidak bisa bergerak. tetapi anda tidak usah khawatir, karena sekarang sudah muncul obat untuk asam urat herbal tradisional berkhasiat tinggi. obat asam urat yang alami ampuh dari dulu tradisional ini adalah salah satu obat herbal asam urat dan kolesterol menahun tradisional berkhasiat tinggi, dan obat asam urat herbal tradisional terbaik alami ampuh dari dulu. tidak hanya bisa dijadikan untuk obat asam urat dan testimoni penderita asam urat, tetapi bisa juga mengobati kolesterol tinggi.
    jika anda mencari obat untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi, disini tempatnya menjual cari obat untuk mengobati asam urat paling ampuh. sedikit bahasan tentang jual herbal obat untuk penyakit asam urat, obat untuk mengobati asam urat tanpa zat kimia ini adalah obat untuk penyakit asam urat terbaik tanpa zat kimia. jika anda sudah bosan dengan obat kimia, jangan khawatir karena ini adalah obat tradisional untuk penyakit asam urat akut tanpa zat kimia. produk kami menjual obat asam urat kualitas terjamin terbaik. banyak yang sudah menggunakan info tentang obat untuk penyakit asam urat dan memberikan testimoni yang positif.

    BalasHapus
  3. Thanks for your sharing. We feel very pleased about that. You should also try their best games with our free today to get the sense of fun that brings. Thank you!
    Obat Asma Untuk Anak

    BalasHapus
  4. Thanks for your sharing. We feel very pleased about that. You should also try their best games with our free today to get the sense of fun that brings. Thank you!
    Obat Asma Untuk Anak
    Obat Asma Pada Anak
    Obat Sinusitis

    BalasHapus
  5. Thanks for your sharing. We feel very pleased about that. You should also try their best games with our free today to get the sense of fun that brings. Thank you!
    Obat Asma Untuk Anak | Obat Asma Pada Anak | Obat Sinusitis | Solusi Hernia Terpercaya | Obat Hidrokel Terbaik | Hernia Sembuh Total | Hernia Tanpa Operasi | Hidrokel Paling Aman | Hidrokel Manjur
    Sangat bermanfaat dan kami haturkan terima kasih

    BalasHapus

  6. Whenever contemplating very best product as well as me personally, basically devote the product this amazing site daily trained with offers quality product, enjoy it!
    Obat Darah Tinggi | Pengobatan Darah Tinggi | Pengobatan Hernia | Pengobatan Hidrokel | Cara Mengobati Darah Tinggi
    Semoga Menjadi Amal Shaleh

    BalasHapus
  7. Sangat Berguna dan sangat luar biasa. Verry Nice and good Article
    Hernia dan sangat Hernia luar biasa Hernia bermanfaat Hernia terampil dan bagus Hernia bisa sembuh loh Hernia pada anda Hernia hanya dengan 1 obat Hernia secara baik dan Ayo Berqurban yuk ah capcus Fitnah Wanita awas hati-hati Hernia sembuh total Hernia awas pula dengan Hernia pakai lah segera Obat Ampuh ini dia Hernia langsung hebat cepat Hernia benar tak kang Deni Wahab
    Semoga Bermanfaat

    BalasHapus
  8. Good, and its verry inportant and good article and the best Author
    10 Kisah Cinta | Harta Haram.? | Obat Hidrokel | Hidrokel Alternatif | Buah Zakar Sebelah
    Thank you, and good forever

    BalasHapus
  9. Verry good, and Best Author
    mengobati asma total pada anak
    From Nothing For Some Thing

    BalasHapus
  10. Verry good, and Best Author
    Obat Insomnia Paling Ampuh dan Aman
    From Nothing For Some Thing

    BalasHapus
  11. The Best And Good Post, and Best Author
    Obat Hipertensi Ampuh dan Aman
    From Nothing For Some Thing

    BalasHapus
  12. Best Article, Good Author
    Jangan Apatis dan Dayus dream and good Obat Sinusitis Paling Aman
    Thanks For Information

    BalasHapus
  13. Who would have thought that i will find this kind of a post? people take food everyday, but no one takes time to think about what it is or rather understanding what we eat. This post is not only interesting, but also very professional and helpful. At any given time that you need assistance with Script Editing, just let us know through the link provided.

    BalasHapus
  14. Sangat Membantu kami dalam menemukan informasi yang bagus dan menarik. jangan lupa kunjungi pula web kami,
    Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi Keren cara Mengatasi Batuk Anak Saat Tidur baik dab Cara mencegah tenggorokan gatal
    Terima Kasih

    BalasHapus
  15. Selamat Ramadhan, Terimakasih atas informasinya semoga berkah dan terus lanjut kedepannya. Jangan lupa kunjuni pula kami semua :
    Obat Hernia Resep Dokter
    Cara mengobati hidrokel dengan cara alami
    Obat sinusitis resep dokter

    BalasHapus
  16. Sangat membantu dan sangat baik, jabngan lupa kunjungi pula Cara Mengobati Buah Zakar

    BalasHapus
  17. Nice, Sangat bermanfaat dan sangat luar biasa. Terima Kasih atas informasi dan jangan lupa kunjungi pula website kesehatan kami tentang Cara Mengobati Buah zakar besar sebelah (Hidrokel)
    Cara Mengobati Buah Zakar Gede Sebelah dan juga
    Cara Alami Mengobati Buah Zakar Besar Sebelah dan juga
    Cara Mengatasi Buah Zakar Besar Sebelah Terima Kasih

    BalasHapus
  18. Sangat keren dan sangat membantu kami menemukan informasi terimakasih atas informasi dari postingan yang cukup luar biasa ini, jang lupa untuk mengunjungi :
    Obat Hidrokel Paling Dipercaya Para Ahli dan juga
    Download Hawari - Belahan Jiwa lalu
    Cara Herbal Mengobati Buah Zakar Thank's

    BalasHapus
  19. Sangat baik dan bagus atas informasi yang disuguhkan sangat bermanfaat, terimakasih. jangan lupa kunjungi pula
    Obat Kencing Darah Tradisional Tanpa Operasi yang sama halnya dengan
    Obat Buat Kencing Darah (Hematuria) dan juga artikel
    Jangan Merasa Paling NU terimakasih

    BalasHapus
  20. Jika anda menderita penyakit jantung bengkak segera atasi dengan Herbal AgaricPro Obat Jantung Bengkak Cepat dan Alami Paling Ampuh . AgaricPro sudah terbukti dapat mengatasi penyakit jantung bengkak tersebut. Terimakasih

    BalasHapus
  21. Terima Kasih atas informasinya, sangat bagik, article dan templatenya sangat baik. jangan lupa jika anda mengalami masalah pada Tipes atau Ambeien / Wasir dan Tenggorokan Gatal dan Batuk Kering
    Sukses.

    BalasHapus
  22. good article http://www.mgmdomino.com/

    BalasHapus
  23. thanks for the information you have given me very happy with this information hopefully for the next information will be more useful thanks
    dewa poker

    BalasHapus
  24. Greetings admin
    I like your topic, after reading your article very helpful at all and can be a source of reference
    I will wait for your next article updates
    Thank you, for sharing

    penirum

    penirum asli

    Titan Gel

    Vimax

    Hammer Of Thor

    BalasHapus
  25. Best author and good Information. Thanks for helpfull me cara mengobati asam lambung

    BalasHapus
  26. It’s really a great and useful piece of information. I’m glad that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing. ??

    Agen Bola
    Agen Bola Terpercaya
    Poker Online Indonesia
    Poker Online Uang Asli
    Poker Uang Asli
    Agen Poker Online
    Poker Online
    IngatPoker
    Axioobet
    Axioobet
    Axioopoker
    Situs Judi Poker QQ Online Terpercaya
    kupoblogger

    BalasHapus